Warga Nahdliyin Kesamben Miliki BMT-NU Sekaligus Gedung MWCNU

Tidak ada komentar
NU Jombang Online,
Warga Nahdhatul Ulama (NU) Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur resmi memiliki Baitul Mal wat Tamwil Nahdhatul Ulama (BMT-NU) cabang setempat dan kantor Majelis Wakil Cabang Nahdhatul Ulama (MWCNU), Ahad (21/2/2016) pagi menjelang siang.
Melengkapi momentum peringatan hari lahir (harlah) NU ke-90, launching BMT-NU juga peresmian kantor MWCNU tersebut dilakukan secara bersamaan. Hal ini merupakan kegembiraan tersendiri bagi masyarakat nahdliyin, khususnya di Kesamben dan warga NU secara umum.
Peresmian yang dilangsungkan di aula kantor MWCNU Kesamben itu dilakukan Ketua NU Jombang, KH Isrofil Amar dan didampingi Ketua DPRD Jawa Timur, H A Hailim Iskandar, Ketua DPC PKB Jombang, M Subaidi Mukhtar dan Ketua BMT-NU Jombang pusat, Khairul Anam.
Dalam kesempatan tersebut, Kiai Isrofil mengapresiasi terhadap kesolidan kinerja pengurus MWCNU Kesamben dan badan otonom (banom) NU yang lain untuk mendirikan lembaga keuangan mikro tersebut. “Kami sangat senang karena di Kesamben mulai Muslimat, Fatayat, Ansor dan banom yang lain sangat kompak,” ujarnya.
Ia berharap kesolidan dan kebersamaan yang sudah dilakukan mereka hendaknya terus berlanjut hinhgga BMT-NU menjadi lembaga keuangan yang maju dan berkembang pesat, dan tidak mengenyampingkan tujuan awal berdirinya BMT-NU untuk menjembatani kesejahteraan warga masyarakat. “Semoga kebersamaan yang sudah dilakukan oleh nahdliyin Kesamben bersifat selamanya,” harapnya.
Sementara Halim, begitu dia disapa setiap harinya disaat yang sama menyatakan akan terus mendorong pengembangan BMT-NU. Menurutnya optimalisasi pengembangan lembaga perekonomian sangat berkaitan dan mendorong dengan agenda besar Jawa Timur ke depan, yaitu pengembangan bidang ekonomi kerakyatan, pendidikan dan kesehatan.
Sementara M Subaidi Mukhtar, salah satu orang yang sangat berperan dalam pendirian gedung MWCNU dan BMT-NU di Jombang menegaskan bahwa BMT-NU tersebut adalah satu dari delapan BMT-NU yang difasilitasi oleh DPC PKB Jombang. “BMT NU kesamben ini adalah salah satu paket program yang telah disiapkan oleh DPC PKB Jombang. Saya sampaikan Selamat atas diresmikannya BMT NU di kecamatan Kesamben ini,” kata Subaidi yang juga Wakil Ketua DPRD Jombang ini.
Namun demikian, melihat perkembangan BMT-NU yang begitu pesat di tiga MWC-NU Jombang yang sudah ada, menurutnya, DPC PKB Jombang akan mempercepat gerakan ekonomi kerakyatan yang di kelola Lembaga Perekonomian (LP) NU Jombang tersebut. yang semula target rampung pada tahun 2019 untuk 8 BMT-NU, namun akan dilakukan akselerasi sehingga pada 2017 mendatang semuanya sudah berdiri.
Dengan diresmikannya gedung MWCNU dan BMT-NU, Iin Inayatul Ainiyah, Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat yang juga sebagai Pengurus BMT-NU Kesamben berharap akan menambah semangat dan kerjasama yang baik dalam menjalankan program NU yang sudah direncanakan.
“Semoga dengan diresmikan gedung MWCNU akan menambah semangat seluruh pengurus MWCNU serta banom-banomnya dalam berorganisasi dengan niat berjuan dijalan Allah. Kepada para pengurus BMT-NU mari kita mantabkan niat, berusaha sekuat tenaga untuk membesarkan BMT-NU, karena lembaga keuangan ini berjalan dengan baik jikan pengelolaan dilkukan dengan baik dan tentunya didasari dengan SDM yang mumpuni,” ucapnya. (Syamsul Arifin)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar